HASIL OBSERVASI PEKAN OLAHRAGA PELAJAR NASIONAL (POPNAS) X 2009

on Senin, 31 Januari 2011


            Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) X 2009 yang bertempat di Yogyakarta. Dimulai dai tanggal 1-11 November 2009 yang diikuti oleh pelajar-pelajar SMA yang terpilih dari seluruh Indonesia. Jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan dalam sebnyak 14 cabang, yaitu Atletik, Bola Voli, Sepak Bola, Bola Basket, Renang, Bulutangkis, Tennis Lapangan, Tenis Meja, Panahan, Senam, Dayung, Sepak Takraw, Pencak Silat, Dan Gulat.
Cabang  olahraga yang  kami amati adalah:
1.     Cabang Bola Voli
            Dalam Pertandingan cabang bola voli yang dilaksanakan di GOR UNY. pengorganisasian penyelenggaraan pertandingan ini dipimpin oleh kepanitian dari UNY dan mendapat bantuan dari polisi yang bertugas untuk mengamankan pertandingan. Kelengkapan peralatan yang ada sudah memenuhi _kriteria standar pertandingan voli tingkat Nasional. Kesekretariatan yang memadai pertandingan, seperti adanya table panitian, table wasit, P3K, petugas pembersih lapangan, petugas pengambil bola, dll. Dalam pertandingan bola voli ini atlet tidak lepas dari yang namanya cidera, kebanyakan dari mereka mengalami cidera ringan seperti memar, keseleo, lecet, dan lebam. Kebanyakan cidera yang terjadi akibat terjatuh saat menerima smas, terkena bola pada saat memblok bola dan kepeleset saat mengejar bola. Selama kami melakukan pengamatan belum pernah terjadi cidera yang berat. pertolongan pertama Pada saat atlet mengalami cidera keseleo saat bertanding voli yang dilakukan oleh tim medis yaitu dengan cara atlet dikeluarkan dari lapangan dan dibaringkan kemudian kaki diluruskan dan dipijit.tetapi pada saat pertandingan final ada sporter yang terjatuh dari tribun mengalami cidera dan pertolongan pertama yang dilakukan langsung di bawa kesamping lapangan setelah itu dibawa ke RS. Panti rapih.
2.     Cabang Bola basket
            pertandingan bola basket berlangsung di STIE YKPN terlilhat bahwa kurangnya minat para penonton untuk melihat pertandingan, sebagian besar yang menonton adalah para pemain lain yang tidak melakukan pertandingan ataupun tim lain yang masih dalam satu provinsi. Selama pertandingan bola basket tidak terjadi cedera yang serius, akan tetapi hanya cedera yang ringan seperti memar, lecet, dan lebam, terkena bola. perlengkapan alat yang ada yaitu lapangan bola basket yang berstandar Nasional dengan table bagi juri, P3K yang siap sedia, dan tempat bagi wasit serta pemain cadangan dan pelatih. tidak ada pengamanan dari polisi. Salah satu pemain tim Sumatera Utara terjatuh dan tertabrak lawan berkali-kali yang menyebabkan kelelahan yang berat, tetapi masih tetap memainkan pertandingan dengan baik, dan ia hanya meminum air mineral untuk menghilangkan lelahnya.
Ranking: 5

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

 
© Berbagi Ilmu Olahraga | All Rights Reserved
Designed ByImuzcorner | Powered ByBlogger | RealMadrid CF Blogger Template ByFree Blogger Template