terapi ikan nilem mangut

on Senin, 29 Agustus 2011

Garra rufa (ikan ini ber asal dari Turkey ada juga yang mengatakan dari Afrika. Kemudian ikan ini saya simpan di 2 buah aquarium lengkap dengan aerator dan filter, karena suhu air di tempat saya stabil antara 28 – 30 derajat celsius, jadi tidak menggunakan heater. makanannya saya beri cacing beku, diberi makan 3 kali sehari. pada hari kedua ikan ini bisa melaksanakan tugas dengan mengisap kulit kita, apabila anggota badan kita celupkan ke dalam air, minggu pertama aman ikan hidup semua tidak ada yang mati. saya beri jaring-jaring supaya ikan tidak loncat, bayangkan kalau ada yang loncat 4 ekor saja udah Rp 10.000 hilang saya sadar akan hal itu maka aquarium diberi jaring-jaring. minggu kedua aman, minggu ke tiga ada masalah pada saat pergantian air aquarium padahal sudah hati-hati. Disinilah ikan mati secara masal diam di dasar aquarium. Ringkas cerita dari 2000 ekor secara bertahap mati …. kini sisa tinggal 400 ekor (menyedihkan, selamat ikan tidak loncat malah mati masal). Jadi harus extra hati-hati jika anda akan memelihara ikan Garra rufa, ikan kuat sebenarnya karena untuk terapi bisa diobok-obok orang, tetapi rawan mati kalau tidak punya pengalaman dan rajin observasi. Alat harus lengkap yang merupakan tambahan modal bagi suatu usaha, tetapi tidak masalah kalau itu merupakan suatu hoby pribadi dalam memelihara ikan Garra rufa.
Kalau saya membeli dua jenis ikan ini dari suatu keingintahuan karena tertarik setelah terapi di daerah Cigugur di Kuningan pada awal Oktober 2010, saat itu juga sempat nanya ikan apa ini? (ikan Mangut), boleh nggak saya membelinya? (disini nggak di jual pak). Wah repot juga kalau begitu, tapi sekarang saya bisa menjualnya Jenis ikan Nilem Mangut.
Ikan Nilem mangut, sebanyak 2000 ekor saya tempatkan di kolam kecil dengan debit air kira-kira 2 meter kubik, saya beri filter dan aerator (gelembung udara), makan pelet saja 3 kali sehari. pada hari pertama ikan di rumah mati 100 ekor karena pada loncat, saya tidak tahu sebelumnya sifat ikan ini, kalu di beri pancuran ternyata loncat dio malam hari. kemudian saya beri penghalang dengan jaring-jaring, sampai saat ini aman hgidup sehat lincah, apabila kaki di celupkan ke kolam langsung ikan tersebut melaksanakan tugasnya, yang membuat sensasi pada kita. setelah pulang kerja rasa pegal jadi hilang. air belum pernah di ganti, cukup ditambah aja kalau debitnya kurang.
Nilem Mangut (Osteochilus hasseltii)
Jenis ikan mangut mempunyai banyak kelebihan dibanding ikan terapi lainnya, ikan ini bisa mencapai ukuran sedang sekitar 10 inc, tetapi untuk terapi bisa mulai dari ukuran 2 inc, mulutnya tidak bergigi melainkan muluitnya ditutupi lipatan kulit lunak, berumbai yang berupa otot elastis dan berguna untuk menghisap benda/makanan atau kulit mati, Ikan ini bersifat herbivora yaitu pemakan dedaunan, tidak galak dan bisa bersahabat dengan manusia.
Manfaat terapi:
1. menghilangkan jaringan kulit mati
2.menghaluskan kulit
3. melancarkan peredaran darah
4. menghilangkan kulit pecah-pecah
5. mencegah tumbuhnya cell liar
6.menghilangkan stress
7. meningkatkan fungsi syaraf
8. menghilangkan pegal-pegal
9. mengurangi tumpukan lemak
10. merangsang simpul-simpul syaraf yang melemah, sehingga menjadi sensitif kembali yang pada akhirnya dapat menyembuhkan suatu penyakit, karena simpul syaraf pada kaki terhubung dengan organ vital tubuh kita. Ikan Nilem Mangut memang murah dan yang terbaik untuk terapi ikan.

Pemberitahuan: Sehubungan dengan banyaknya peminat Ikan terapi, kami akan mendahulukan yang telah membayar DP melalui BCA/Mandiri, agar membawa tanda bukti untuk mengambil Ikan pada hari yang ditentukan, dengan pembelian minimal 500o ekor, paket pilihan sbb: Klik saja toko bagus, cari Ikan nilem Mangut.
Ranking: 5

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

 
© Berbagi Ilmu Olahraga | All Rights Reserved
Designed ByImuzcorner | Powered ByBlogger | RealMadrid CF Blogger Template ByFree Blogger Template