Latihan Relaksasi

on Jumat, 16 Desember 2011

  1. Ambil posisi yang paling nyaman , bisa : duduk bersandar atau terlentang. Tutuplah mata Anda, Ciptakan rasa relaks pada semua otot-otot Anda, Kosongkan pikiran Anda, Aturlah pernafasan dengan cara bernafas dengan hidung dan mengeluarkannya dengan mulut, lakukan secara berulang-ulang, Luruskan kedua-dua belah kaki. Rapatkan tangan di sisi badan. Tutup mata dan kosongkan fikiran selama kira-kira 2 menit. 
  2. Kerutkan dahi dengan mengangkat kedua-dua kening ke atas. Rasakan ketegangan pada otot dahi. Lakukan dalam arah bertentangan dengan mengerutkan dahi dan kening mengarah ke bawah.
  3. Tutup mata. Rasakan ketegangan sekitar otot mata. Buka mata dan rasakan kelegaannya.
  4. Tekan rahang dengan kemas dan ketap gigi serapatnya. Rasakan ketegangannya. Perlahan-lahan buka ketapan gigi dan rahang.
  5. Ketap bibir dengan rapat. Perlahan-lahan lepaskan dan rasakan ketegangannya.
  6. Dongakkan kepala ke atas sehingga rasa ketegangan pada otot leher. Tegakkan kembali kepala dan rasakan kelegaan pada otot leher.
  7. Dongakkan kepada ke bawah dan rasakan ketegangan pada otot belakang leher. Perlahan-lahan otot belakang leher.
  8. Lentukkan kepala perlahan-lahan ke kanan. Tahan sebentar dan rasakan ketegangan pada otot leher. Tegakkan kembali kepala dan anda dapat  rasakan kelegaan pada otot leher tadi.
Ranking: 5

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

 
© Berbagi Ilmu Olahraga | All Rights Reserved
Designed ByImuzcorner | Powered ByBlogger | RealMadrid CF Blogger Template ByFree Blogger Template